Jumat, 31 Mei 2024

Menko Polhukam : TNI-Polri Siap Mendukung Pilkada Serentak di Papua

 

www.jerathukumnews.com

JAYAPURA  – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 akan dilaksanakan di seluruh wilayah Papua. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. mengatakan bahwa TNI-Polri siap mendukung dan mengamankan Pilkada Serentak di seluruh wilayah Papua.

Hal ini ia ungkapkan saat memberikan pengarahan kepada personel TNI-Polri terkait kesiapan pengamanan tahapan Pilkada serentak wilayah Papua di Aula A. Rompis, Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Kamis (30/5/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, S.H., M.M, Asops Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han), Wakapolda Papua, Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si, Para PJU TNI-Polri Se-Papua, Para Dandim dan Kapolres Se-Papua, dan Para Prajurit TNI Polri Se-Papua

Dalam kesempatannya, Menko Polhukam mengatakan Berdasarkan data intelijen, tingkat kerawanan pelaksanaan pilkada serentak cenderung menengah-tinggi, lebih besar dibanding kerawanan pemilihan anggota legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) yang cenderung kecil-menengah.

“Saya minta aparat intelijen harus benar-benar memperhatikan secara detil. Pertama, kekuatan kita sudah terbagi rata, tidak mungkin kita minta bantuan lagi. Kita tidak bisa mengharapkan bahwa nantinya akan ada bantuan-bantuan dari wilayah lain. Seandainya bisa dibantu, tapi tidak bisa cepat karena keterbatasan transportasi,” kata Menko Hadi.

Namun, lanjut Menko Hadi, TNI dan Polri berkomitmen siap membantu pendistribusian logistik Pilkada. Karena, kondisi geografis wilayah Papua cukup berat dan secara demografis masyarakat nya tersebar di pulau-pulau.

“TNI dan Polri siap membantu demi kelancaran pilkada serentak untuk mendukungan pendistribusian logistik dengan alutsista yang ada,” katanya.

Menko Polhukam kembali mengingatkan seluruh prajurit TNI dan Polri untuk terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Papua, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Saya ingatkan sekali lagi, sinergi TNI Polri harus tetap terjaga dan mudah-mudahan tugas yang berat ini dapat dijalankan dengan baik,” pungkasnya.

B.D

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.